Tentang Tontonan Anak-anak

Gara-gara pagi ini baca tweetnya om @nukman, jadi pengen posting.

twit

Udah bukan cerita baru kalo jaman sekarang acara-acara di TV itu semakin sedikit yang  cocok ditonton untuk anak-anak. Saat ini yang saya rekomen, cuma acara menyanyi lagu anak-anak yang diputer di TVRI tiap hari Sabtu jam 9 pagi, sama acara belajar menggambar di TVRI juga hari Minggu jam 9 pagi. Selain itu, saya nggak tau lagi deh. Atau memang saya yang nggak gaul nggak pernah nonton TV jadi wawasan kurang banget tentang acara-acara di TV.

Anyway, sebagai Ibu yang sehari-harinya nggak di rumah alias pekerja kantoran, anakku yang sekarang hampir 2 tahun dijaga oleh si Mbak ART selama saya ngantor. Hiburan untuk si Mbak di rumah selain nemenin anak main di teras, ya apalagi selain nonton TV. Tontonannya? Ya udah ketebak lah. Segala sinetron dan segala acara macam Dahsiattt lah yang ditonton, dan ketonton pula sama anakku. *sigh* Mau ngelarang juga rasanya percuma ya. Kalau sore-sore, kayanya ada sinetron yang ceritanya ada anak-anak kecilnya gitu, gak tau judulnya apa. Cuma ya tau sendiri, what d’you expect?

Hmmm, okay. Kalau begini kondisinya, mesti ada penyeimbang. Solusi sementara, anakku kuberi tontonan video-video lagu anak-anak, kartun anak-anak, acara anak-anak atau apapun yang menurutku masih cocok lewat YouTube. Nontonnya lewat Gtab (punyanya itu sih soalnya). Hasilnya lumayan lah, udah bisa ngikutin kalau ada video belajar berhitung, bisa joget-joget, tentunya joget pake lagu anak-anak dan bukan lagu orang dewasa lho ya. Kalau bosen sama videonya, dia bisa scroll sendiri video-video yang ada di Youtube, sesukanya dia pokoknya. Yang pasti pas nontonnya kita temenin dong ya, biar nggak nyasar ke video yang aneh-aneh :lol:Investasinya, pasang WiFi di rumah supaya YouTubenya nggak kelamaan bufferingnya, anak kecil mana bisa disuruh sabar :lol: Intinya sih, suapaya anakku nggak inget-inget amat sama tontonan di TV.

Dari dulu saya memang biasain si kecil liat gadget, maksudnya nggak yang langsung diumpetin gitu kalau pas ada dia, supaya dia juga biasa aja liat mamah papahnya make henpon, tablet, dll. Kalau dilarang anak kecil kan makin penasaran, nanti yang ada malah gratakan liat gadget :lol:

Sebetulnya daku langganan TV kabel juga, tapi nontonnya kadang gantian sama Grannynya. Jadi di jam-jam tertentu dia nonton Disney, setelah acara favoritnya selesai, gantian Grannynya, dia pindah nonton TV lain yang bukan TV kabel. Acara kaya cerita si Unyil, atau yang semacam itu memang udah gak ada lagi ya? Versi Indonesianya Sesame street itu dah gak ada juga ya? Kalo kartun di TV masih banyak juga si tapi kadang anakku bosen, mending nonton Disney aja lah. Anakku nggak terlalu maniak sama TV kalo diliat-liat sih untungnya, masih lebih suka main sendiri, TV cuma selingan aja. Tapi entah nanti kalau udah ‘gede’ :roll:

13787057-vector-illustration-of-a-children-watching-tv

12 thoughts on “Tentang Tontonan Anak-anak

  1. Nah dibiasain gadget itu baik ga sih sebenernya?! Sekarang kan internet bebas banget takutnya malah ga sengaja liat yg enggak2 even tujuan awalnya baik…
    Btw hebat euy hapal acara TVRI, aku nonton TVRI aja hampir ga pernah. hihihi :P

  2. sampai detik ini aku masih menahan diri pasang wifi, jadi anak kalau mau liat youtube harus ke meja kerjaku utk nyolok kabel internet ke laptop. itupun hanya jan 7-8 pm, tidak lebih. Tujuannya masih pakai kabel biar mudah diawasi. Coba bayangkan kalau mereka udah SD terus maunya ngumpet di kamar utk browsing melulu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s