Urusan Cloth Diaper

Sekali-kali posting urusan emak-emak ye? :lol:

Yang simpel-simpel aja deh. Urusan popok kain. Buat yang baru punya baby nih, biasanya newly mom yang rada gaul, akan terbiasa denger yang namanya clodi (cloth diaper) alias popok kain. Kalau yang ndak gaul, duh gaul dong makanya! *dicekek*

Kalau jaman dulu kita pake popok kain yang berupa lembaran yang ada talinya kiri kanan, sekarang ada popok kain yang lebih canggih, dan penampakannya juga lebih okeh (motif dan warnanya biasanya lucu-lucu sih). Fungsinya untuk menahan pipis, seperti ‘pampers’, tapi clodi ini bisa dicuci sehingga bisa dipakai berulang. Silakan gugling tentang clodi, ibu-ibu bakalan puyeng saking banyak informasi :lol:. Samalah dengan daku, kalau yang belum pernah pake apalagi liat clodi, gak kebayang itu caranya make begimana.

Kenapa sih daku pake clodi? Ya karena popok sekali pakai itu jatohnya mahal banget. Lha sebulan bisa abis berapa duit coba? Coba hitung kembali ya wahai emak-emak baru. Ya kalau daku sih merasa popok sekali pakai itu mahal. Kalau beli secukupnya aja, cuma buat dibawa kalau pergi-pergi. Sama satu lagi mungkin, ada yang babynya ruam popok kalau pake pampers, kalau clodi kan bahannya kain, biasanya sih gak bikin ruam *menurut info teman kiri kanan*

Daku bakal sharing yang penting-penting aja urusan clodi ini ya. Here we go.

1. Beli yang kayak apa?
Merk clodi di pasaran sekarang bejibun. Dari yang lokal atau yang import, semua ada plus minusnya. Yang pasti, ada harga, ada rupa*yo jelas*. Kalau daku sih beli yang sesuai kantong, dan sesuai kebutuhan. Beli yang rada murah untuk sehari-hari, kira-kira 4-6 pcs, biasanya untuk nahan pipis 3-5 jam. Sama beli yang rada mahal (biasanya import), yang joss banget untuk nahan pipis semaleman, kira-kira 2-3 pcs. Soalnya ternyata penting juga punya yang rada serius (mahal dikit.red). Kita bisa tidur tenang kalau malem, karena gak perlu sering ganti popok. Tapi kembali lagi tergantung kondisi kulit babynya ya, kalau yang agak sensitif, harus sering diganti, karena popok kain kalau kena pipis kan jatuhnya tetep agak lembab ya. Kebetulan anakku kulitnya tergolong kuat, jarang ruam sejak bayinya. Model clodi ada yang pocket (pakai insert di dalamnya), atau all in one. Daku biasa pakai yang pocket, lebih cepet kering karena insert dan covernya terpisah, jadi gak tebel seperti All in one (insert jadi satu dengan pocket).

2. Kalau udah beli terus diapain?
Dicuci-kering 2-3 kali. Biar daya serap bisa maksimal, kaya pake handuk baru aja. Lebih oke dipakai kalo udah dicuci kan? Ya sama lah dengan clodi ini. Keringinnya lebih bagus di bawah sinar matahari ya. Deterjennya dikit aja, 1/3 dari pemakaian normal (untuk pakaian dll). Daku pake deterjen biasa, boleh pake deterjen khusus pakaian bayi. Lebih disarankan mungkin ya. Cuma pake deterjen biasa gapapa, asal cuma dikit makenya ya.

3. Makenya gimana nih?
Biasanya clodi itu bisa disetting ukurannya. Caranya, dengan mengancingkan deretan kancing yang ada di bagian depan, ke pasangan kancing di deretan bawahnya, sesuaikan dengan ukuran paha baby. Seperti gambar di bawah :

Kira-kira beginilah cara pakainya.

Kalau paha baby endut, ndak perlu disetting/dikecilin lagi ya.

4. Nyucinya susah nggak?
Nyucinya gak susah, clodi yang udah kena pipis, direndem dulu 20 menitan, deterjennya sedikit aja. Kalau pipisnya banya, ya rendem lebih lama lagi juga boleh. Abis itu bilas-bilas sampe gak ada busanya lagi. Kalau kena pup, saat itu juga semprot bagian yang kena pup, untuk ngilangin bekasnya, rendem dulu (terpisah dengan clodi yang cuma kena pipis), kucek sampe kotoran hilang, terus cuci seperti biasa deh. keringkan di bawah sinar matahari. Kalau sudah kering, JANGAN DISETRIKA ya! Langsung lipet aja masukin lemari.
Hmm…apalagi ya urusan clodi-clodian ini? Kayanya sih itu aja yang penting-penting menurut daku. Kalau masih kurang infonya, monggo gugling sampe pusying :lol: Clodi itu simpel, jadi jangan dibikin ruwet :lol:

Boleh juga buat yang yang perlu clodi buat babynya atau mau ngasi kado, silakan ceki-ceki  di sini :D

15 thoughts on “Urusan Cloth Diaper

    • Kalau Mahira dulu sekitar 1,5 bulan, kalau pahanya dah mulai ndut hihi.. iya kaaan, stress tauk tiap bulan beli pempers yang jumlahnya gak mungkin dikit kaaan :lol: Boleh dicoba lho Bil, nanti mamanya Cissy diperkenalken dengan clodi ya hihi…. lumayan bgt menghemat pampers :D

  1. keren, dil! emang popok sekali pakai, selain mahal, juga nggak eco friendly.. :D

    kalo soal merk, apa yg rekomended? lalu, berapa harganya, terus beli di mana?

    siapa tau gw besok-besok butuh.. #eh

    • yoih mameen! Go green dong!
      pertanyaanmu bisa panjang jawabnya :lol: yang kupake aja ya : lokal (GG, Cluebebe), impor (Coolababy, Charlie Banana, Fuzzibunz, Bum Genius). Range harga mulai dari yang murah 55rn-85rban, sampe yang mahal 175rb – 250rb juga ada :lol:
      balik lagi, sesuaiken aja dengan kantong dan kebutuhan :P
      beli onlen banyak, beli di aku juga ada *hyahahahaha*

  2. Sm mama selalu diajarin popok sekali pakai itu cmn dipakai pasjalan2.. Jd ya kalU drmh pakainya popok kain..
    Bsk kalau aq yg py baby..ya paling ngikut gt lg..ga jauh beda lah..:))

  3. Aku 2 anak pake clodi lokal semua, yg cuma nampung 1x pipis harus ganti. Krn kasian bayinya kalo clodi udah basah nggak diganti, gak higienis. Jadi pakai clodi lokal udah cukup, toh fungsinya cuma buat nahan agar pipis gak berceceran, tidak utk nampung sampai 3-5X pipis.

    Soal tidur malam, toh si bayi juga tetap membangunkan kita utk mimik, jadi ya sekalian ganti clodui. Itu kalo aku lho ya…

  4. Wah nice share nih dil, gw baru kepikiran mo pake clody, klo sekarang sih baby gw pake Happy Nappy klo siang, trs malemnya br deh dipakein pampers.

  5. aaak.. aku sudah lama ndak maen ke sini..
    blog-nya jadi lucuuuu… *lirik blog yg terlantar*

    trus entah kenapa, jadi ketawa sendiri di bagian “JANGAN DISETRIKA”… kebayang ditreakin sama dilla.. :lol:

    aku kangen :’)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s